Gear
(gir) dan rantai mempunyai peran yang cukup vital bagi sebuah motor.
Karena melalui gear dan rantai inilah transfer putaran mesin ke roda
belakang motor. Selain itu rantai dan gear ini mempunyai pengaruh
terhadap kenyaman dan keamanan dalam berkendara. Rantai dan gear juga
menjadi piranti yang cukup diperhatikan ketika melakukan modifikasi
kaki-kaki motor.
Jenis bahan Gir
Jenis bahan gir dapat dilihat dari warnanya, jika gir berwarna kuning
kehijauan, dan jika dipukul dengan besi bunyi “ting”nya lama tapi
lemah, bisa dipastikan bahwa gir tersebut terbuat dari komposisi besi 75
persen dan alumunium 25 persen. Penggunaan besi yang cukup banyak ini
membuat gir ini kuat, dan cocok untuk mesin upgrade/modifikasi/balap.
Gir ini juga bisa digunakan untuk motor yang biasa membawa barang berat
atau melewati tanjakan, karena butuh kekuatan extra. Jika menggunakan
gir ini sebaiknya gunakan rantai orisinil, jika menggunakan rantai
imitasi atau kw maka rantai tidak akan awet karena cepat kalah.
Jika gir berwarna putih mengkilao (bukan krom) jika dipukul suara
ting-nya tinggi tapi sebentar, dapat dipastika gear tersebut terbuat
dari bahan 95 persen campuran besi dan seng, sedng almunya hanya 5
persen saja. Secara penggunaan dan fungsi hampir sama dengan gir pertama
diatas.
Gir berwarna silver gelap, dan ketika dipukul bunyi ting-nya lemah
tapi durasinya lama, bahan gir tersebut terbuat dari 50 persen besi dan
50 persen almu. Bobotnya lebih ringan dari kedua gir diatas, cocok untuk
motor dengan mesin standart dan harganya lebih murah.
Cara Mengatur Perbandingan Gir
Cara mengarur perbandingan gir yang ideal untuk motor sebenarnya
cukup mudah. Gunakan perbandingan standart bawaan motor sebagai acuan.
Sebagai contoh misal gir depan bawaan motor ukuran 14,dan ukuran gir
belakang 35.Dapat dihitung 35 : 14 = 2,5 nah angka 2,5 ini akan menjadi
acuan dalam mengatur perbandingan gir.
Semakin besar nilai perbandingan maka akselerasi dan tarikan motor
akan lebih responsive, tetapi top speed kurang terasa. Misalnya
perbandingan gir dirubah menjadi 35 : 13 = 2,6, dalam contoh ini gir
depan diganti dengan ukuran yang lebih kecil yakni 13. Sebaliknya, jika
perbandingan gir semakin kecil tarikan awal akan terasa lebih lambat
tetapi top speed akan semakin terasa.
Setelah mengetahui angka perbandingan diatas, sekarang kita bisa
menyesuaikan perbandingan gir dengan penggunaan motor kita sehari-hari
agar tenaga motor tetap optimal. Jika pemakaian sehari digunakan dalam
jarak pendek atau kawasan metropolis, penggunaan perbandingan gir besar
akan sangat membantu motor Anda. Akan tetapi jika motor sering digunakan
dalam jarak yang cukup jauh atau luar kota, perbandingan gir kecil akan
menambah nafas top speed motor sobat, sehingga cukup nyaman dibawa
jarak jauh.
Nah untuk para modifmania, kebanyakan motor sport diganti dengan
pelek yang lebih kecil umunya 17 inch. Ini juga perlu penyesuaian
perbandingan gir. Usahakan untuk mengganti perbandingan gir yang lebih
besar sebagai kompensasi penggantian ukuran ban yang lebih kecil agar
motor tidak kekurangan tenaga diawal. Misal standar perbandingan gir
depan belakang 15-45 bisa diganti dengan 14-45 atau 13-45.
Pedoman penggantian rantai
Setelah membahas gir, sekarang kita bahas tentang rantai. Rantai
motor terbagai dalam beberapa profil, biasanya terbagi dalam profil 420,
428 dan 521. Semakin kecil profil yang dipakai, berarti digunakan motor
berkapasitas kecil. Sedangkan profil besar digunakan pada motor
berkpasaitas besar, umunya motor sport.
Untuk mendapatkan keamanan dan kenyaman yang maksimal, biasanya para
pengendara menggunakan profil rantai sesuai dengan pemakaian motor
sehari-hari. Karena profil rantai bawaan pabrik kurang sesuai dengan
penggunaan motor sehari-hari.
Seperti rantai ukuran 420 yang diaplikasi ke motor berkapasitas 125
(Honda kharisma). Sebenarnya kurang cocok, karena profik 428 lebih cocok
dengan mesin tersebut, ditinjau dari out put power mesinnya dan jelas
rantai 428 ini akan lebih awet mengawal motor 125 cc ini. Selain itu
faktor harga kadang juga mengalami perbedaan meskipun profil rantainya
dalam ukuran yang sama.
By. www.oto-id.com