Pada saat motor Otolovers ganti ban, tentu akan menggunakan ukuran ban yang sama dengan ukuran asli motor saat membelinya, kecuali kalo memang niat modifikasi. Pada saat membeli kita menyebutkan ukuran ban yang ada motor kita. Namun apakah Otolovers semua tahu makna angka dan huruf yang tercantum dalam ukuran ban tersebut? Jangan khawatir, bagi yang tidak tau oto-id kasih bocoran bagaimana membaca ukuran ban motor.
Sebelumnya ada dua jenis kode angka yang diganakan sebagai ukuran ban
yaitu kode metric dan kode imperial. Perbedaannya terletak pada
penulisannya namun ukuran hampir sama, misalnya kode metric 90/90-17
67H. Sedang untuk contoh kode imperial yaitu 3.00-H-17 4PR, apa
maksudkedua kode tersebut?mari kita bahas.
- 90 artinya lebar ban mempunyai ukuran 90 mm (selalu menggunakan satuan millimeter)
- 90 artinya perbandingan tinggi ban dengan lebar ban, jika ban memiliki ukuran lebar 90 mm, maka tinggi ban mempunyai ukuran 90% dikali 90 mm yaitu 81 mm. semakin kecil perbandingan ban, maka stabilitas motor akan lebih baik.
- 17 artinya ukuran diameter ban tersebut dalam ukuran inchi
- 67 artinya beban maksimal yang diperbolehkan untuk motor, dengan menggunakan Load Index atau LI, LI 67 kurang lebih sekitar 307 kilogram, jadi berat total yang diperbolehkan terhadap ban tersebut adalah 307 kilogram.
- H adalah kode untuk batasan kecepatan motor jika menggunakan ban ini.
- 3.00 artinya lebar ban dalam satuan inchi
- H adalah kode untuk batasan kecepatan motor jika menggunakan ban ini
- 17 artinya ukuran diameter ban tersebut dalam ukuran inchi
- 4PR artinya 4 ply rating, yaitu kekuatan lapisan nilon dalam ban ini sama dengan 4 lapis kain ban.
Selain itu biasanya juga terdapat kode tahun produksi ban tersebut,
tetapi tidak semua ban mencantumkan kode ini. Kode tahun produksi
biasanya ditulis dengan 4 angka, misalnya 2105, artinya ban tersebut
diproduksi pada minggu ke 21 pada tahun 2005. Sebenernya penggunaan kode
produksi pada ban sangat penting, karena ban juga memiliki usia laik
jalan. Karena bahan karet dan nilon yang sudah lama akan berakibat
kerasnya komponen ban sehingga ban tidak memiliki traksi dan berbahaya
bagi penggunanya.
Untuk mengetahui bagaimana kondisi ban masih bagus gunakan ujung kuku
untuk menekan ban, jika dirasa masih lunak maka ban tersebut masih
layak digunakan, dan jika sudah keras lebih baik cari ban lain yang
lebih lunak.
By : www.oto-id.com