MOBIL MURAH SIAP MELUNCUR

FIRST EXPOSE - TOYOTA ETIOS 2010




Toyota dikabarkan tengah mempersiapkan mobil murah untuk konsumsi 2010. Pada New Delhi Auto Show 2010, secara resmi Toyota memperkenalkan Etios. Mobil dengan konsep produksi berbiaya murah ini, diharapkan menjadi tren baru di dunia Otomotif, mengingat lesunya industri otomotif akibat krisis global.




Etios akan memulai debut produksinya di India, dan diperuntukan untuk negara-negara berkembang. Namun belum ada kepastian, apakah sedan yang diperkirakan harganya dibawah Vios ini akan masuk ke Indonesia. Etios sendiri memiliki platform sedan kompak bermesin bensin (1.2 L dan 1.3 L) dan diesel (1.4 L).




Sasaran produksinya adalah konsumen yang menginginkan mobil murah (sekitar Rp 100 jutaan), berkualitas serta hemat bahan bakar. Etios diprediksi mampu mengangkat penjualan Toyota di negara-negara berkembang. Lantas bagaimana dengan Indonesia? Akankah Toyota Etios dipasarkan di Indonesia? Nampaknya belum ada kabar pasti akan kehadiran mobil murah ini. Tapi jika Etios masuk ke Indonesia dengan mengimpor dari India, tentu saja harganya tidak menjadi murah lagi. Solusi lain, dengan memproduksinya di dalam negeri. “Kita belum ada rencana untuk memasarkan Etios di Indonesia,” ungkap H. Achmad Rizal, department head communication PT. Toyota-Astra Motor.




Ia pun menambahkan, PT. TAM ingin fokus pada produk yang telah ada. Namun, Etios yang akan dilempar untuk pasar India ini bukanlah diproyeksikan untuk mengganjal kesuksesan produsen mobil India, Tata Nano, yang sukses memasarkan mobil murah. “Etios bukan ditujukan untuk segmen Tata Nano, tapi sekelas di atasnya,” tambah Rizal ketika ditemui disela-sela acara launching Toyota Dyna terbaru. Jadi jelas, Etios hadir untuk menyasar pasar yang telah diisi oleh Maruti Swift dan Tata Indika.

Majalah Motor.