Lampu Indiglow ODC buat Motor.



Indiglow pada spidometer di sepeda motor ada yang baru lagi, nih. Selain memancarkan sinar warna-warni, pandangan mata lebih fokus melihat instrumen, baik jarum kecepatan, putaran mesin, maupun indikator bensin, punya tampilan lebih elagan dan sporty.

Panelnya, menurut Wira Sentosa, pemilik SACS Speedglow, memiliki gradasi warna. "Indiglow tipe ini disebut optitron dynamic cluster atau ODC," lanjut pemilik gerai Asia Jaya Motor di Jl Pondok Gede Raya No 24, Jakarta Timur.


Kata Wira, indiglow sebelumnya hanya optitron yang hanya memiliki warna hitam sebagai dasar panel dipadu dengan putih untuk angka dan skala. Dalam pengembangannya, terciptalah gradasi warna. "Warna gradasi bisa dipilih berbagai macam. Tapi, umumnya ODC, trennya lebih mengarah ke biru untuk sisi gradasinya," ujar pria yang sudah 11 tahun main lampu ini.

Jangan salah kaprah antara indiglow dan LED, pesan Wira. Indiglow dilengkapi mesin, semacam balast di HID, tapi lebih kecil. Lalu, pendaran cahaya lebih menyebar dan tergantung dari frekuensi yang masuk ke balast, sedangkan LED terpusat pada satu titik.



Indiglow ODC ada buatan China, tetapi yang dipakai sekarang dari Taiwan. Harganya, untuk bebek atau skutik dibanderol Rp 450.000, motor jenis sport Rp 550.000. Untuk Kawasaki Ninja 250R atau Honda CBR 150 Rp 600.000.

Kompas.com